Minggu, 09 Juni 2013

USIA IDEAL ANAK MASUK SEKOLAH DASAR



Menurut Prof. Dr. S.C. Utami Munandar yang dikutip dari episentrum.com, jumlah anak Indonesia yang memiliki kemampuan lebih hanya 2-5%. Sayangnya tidak semua anak-anak berkemampuan lebih ini mendapat pendidikan khusus.
             Tak semua sekolah mempunyai fasilitas, sarana dan prasarana yang bermutu, atau pun kelas unggulan yang bisa mengembangkan dan melihat anak-anak yang berbakat.
 Terlepas dari validitas angka prosentase tersebut, bahwa jumlah anak berbakat memang sedikit,  jauh lebih banyak yang normal-normal saja.
             Permasalahannya, banyak ditemui orang tua yang merasa anaknya istimewa sehingga bersikeras memasukkan anaknya ke Sekolah Dasar (SD) sebelum cukup usia padahal belum tentu anaknya istimewa atau termasuk dalam 2-5% seperti disebutkan  di atas. Mengapa sih tidak sabar sedikit menunggu anaknya berumur mendekati 7 tahun ?.
Jika kita masukkan anak ke SD pada usia 5 tahun, maka selain masih tertatih-tatih dalam keterampilan sosial, ia baru saja melewati (atau malah masih berada pada) masa kritis dalam perkembangan motorik (kekuatan dan keterampilan fisik), padahal  ketika di SD , bergerak di dalam kelas adalah hal yang tabu kecuali diizinkan oleh gurunya, dan ketika di SD, menulis adalah sebuah keharusan sementara perkembangan anak masih belum matang.
Jika kita masukkan anak ke SD pada usia 6 tahun, maka ia masih berada pada tahap kritis keterampilan sosial, padahal ketika di SD, bersosialisasi di dalam kelas adalah perilaku yang tidak diizinkan.
Para ahli sepakat bahwa periode keemasan tersebut hanya berlangsung satu kali sepanjang rentang kehidupan manusia, masalahnya, seperti yang dikatakan oleh Suharyadi dari Universitas Indonesia bahwa otak belakanglah yang menentukan kecerdasan seseorang, terutama untuk anak usia 7 tahun ke bawah.
Untuk usia 7 tahun ke bawah, pembelajaran yang terbaik adalah yang mengedepankan kenyamanan fisik (r-system), emosi (limbic), dan kesempatan untuk berimajinasi             (right brain), tanpa adanya kenyamanan untuk berimajinasi, maka otak akan memerintahkan tubuh bertindak atas dasar pencarian kenyamanan emosi, terjadilah yang disebut mogok, ngambek,  malas, membangkang, dan lain sebagainya.
Dari sisi perkembangan psikologi, ia menilai usia 7 tahun merupakan waktu yang pas bagi anak memulai pembelajaran di SD. Sementara usia kurang dari 6 tahun terkadang kurang tepat, karena anak-anak usia ini masih suka bermain.
Demikian pula dari berbagai studi perkembangan anak, maka usia 7 tahun adalah usia yang paling tepat untuk anak pada umumnya masuk ke Sekolah Dasar. Memang ada satu dua perkecualian, tetapi secara umum, pertumbuhan anak secara totalitas hingga usia 6 tahun, masih membutuhkan format Kindergarten untuk menuntaskannya. Disini Logos memilih untuk memberikan kesempatan pengembangan pribadi anak yang dewasa dan matang secara holistik, bukan hanya dari aspek intelektual atau ketrampilannya, tetapi juga emosinya, spiritualnya, sosialnya dan seterusnya.
Bagaimana anda sebagai insan pendidik dan para orang tua siswa  mempertimbangkan format dan pendekatan pendidikan yang banyak dipaparkan saat ini ?.  Apakah anda cenderung memaksakan percepatan pendidikan pada anak-anak anda ?.  Ataukah anda mulai mempertimbangkan untuk memberikan pendidikan yang lebih tepat, lebih baik, lebih normal, dan lebih manusiawi, sesuai dengan apa yang seharusnya terjadi pada anak-anak anda ?.
Anak yang terlalu dini masuk SD masih bermasalah khususnya di kelas satu, karena ia belum siap untuk belajar berkonsentrasi, karena ia masih sedang mengembangkan keteram­pilan geraknya. Akibatnya dia akan sulit berkonsentrasi, meskipun secara kemampuan intelektualnya dia sudah cukup mampu menyelesaikan soal-soal yang disediakan. Piaget membagi usia 2-7 tahun sebagai usia Pre-Operational Thought, dan 7-11 adalah Concrete Operational Thought. Titik alih bukan di usia 6 tahun, tetapi 7 tahun. Disini Logos menjembatani dengan Pre-Elemetary Class, dimana materi SD diberikan dengan format Kindergarten, yang membuat anak bisa dimampukan mengembangkan proses-proses pertumbuhan yang masih perlu ia selesaikan. Dengan demikian pada saat masuk SD (Elementary) di usia 7 tahun, ia  sudah bisa belajar dengan baik.
Peraturan pemerintah yang mewajibkan usia masuk SD adalah 7 tahun. Bukan di Indonesia saja peraturan ini diundangkan, di Switzerland dan di beberapa negara.
Tentu saja perundangan atau peraturan tersebut tidak begitu saja diputuskan. Menurut beberapa pakar psikologi, mental dan intelektualnya anak-anak umur 7 tahun sudah dianggap matang. Sehingga bisa duduk diam dan memperhatikan pelalajaran.
Tentu saja ini tidak berlaku mutlak pada setiap anak. Karena setiap anak yang lahir memiliki kemampuan dan perkembangan yang berbeda-beda. Ada anak yang memiliki talenta lebih atau memiliki kemampuan dan kecerdasan yang lebih ketimbang anak-anak lainnya. Untuk itu tidak ada salahnya jika sebelum usia sekolah anak sudah dicek dan dites umur mentalnya.
Bila skor IQ anak di atas 130, berarti anak tersebut cerdas dan memiliki kemampuan lebih. Namun jika skor ada di antara 85-115 berarti anak tersebut masih dikategorikan normal.
Usia 7 tahun juga merupakan fase ke empat dari masa perkembangan sensori integrasi. Pada masa ini seluruh indera anak bekerja menjelajahi berbagai pengalaman dan mengantarkannya ke otak. Fase ini bisa juga disebut sebagai proses pengisian otak.
Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 6 ayat 1 disebutkan bahwa setiap warga negara yang berusia 7 – 15 tahun wajib mengikuti Pendidikan Dasar. Selain itu dalam Peraturan Pemerintah Nomor  17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan pasal 69 ayat 4, juga disebutkan bahwa SD/MI atau bentuk lain yang sederajat wajib menerima warga negara berusia 7 tahun sampai dengan 12 tahun sebagai peserta didik sampai dengan batas daya tampungnya.
Pengalaman penulis dalam menangani anak-anak, anak masuk SD yang usiaya kurang dari tujuh  tahun bisa saja dari segi kognitifnya berkembang bagus, tapi ada kalanya terkendala dalam segi afektif dan psichomotorik.
Belajar dari pengalaman,  seorang guru SD (Warsiti, S.Pd.SD.) sudah enam tahun berturut-turut mengajar di kelas satu, pengalaman yang didapat ia  menyatakan bahwa anak usia tujuh  tahun tanpa sertifikat TK masuk SD  mudah dibawa dan diarahkan dalam proses pembelajaran,  sedangkan  anak usia enam  tahun dan bersertifikat TK  ternyata lebih sulit dibawa dan diarahkan dalam pembelajarannya.
Jadi  sebagai orang tua  wajib mempertimbangkan sudah layakkah anak kita masuk SD ?.  Kalau memang belum siap baik karena umur  ataupun yang lainnya, kenapa sih tidak bersabar menunggu  satu tahun. Atau tetap mau memaksa anak kita masuk SD, tergantung pihak  orang tua yang akan menentukan pilihannya  dan akan menuai hasil dari pendidikan anak. Semoga tidak salah pilih.


46 komentar:

  1. Menarik sekali, selain pendidikan yang didapat dari sekolah, berikut ini adalah keterampilan/kemampuan yang wajib dimiliki oleh anak2: http://garisbatas.com/keterampilan-khusus-yang-harus-diajarkan-kepada-anak-untuk-bekal-hidupnya/

    BalasHapus
  2. Menarik sekali, tp jika anak usia lahirnya tidak pas, misal lahir bulan september. Yg ada usia Ketik dia masuk sd antara 6 tahun kurang dua bulan. Dgn 7 tahun kurang dua bulan? Sebaiknya yg mana? Padahal dia sdh 2 tahun di paud dan 2 tahun di tk. Klu dipaksa 3 tahun di paud atau 3 tahun di tk dia sdh bosan sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo anakku saya masukkan sd 7kurang 2bulan mom. Karena tahun lalu waktu 6 kurang 2bulan memang belum matang pemikirannya (▰˘◡˘▰)

      Hapus
  3. Menarik sekali, tp jika anak usia lahirnya tidak pas, misal lahir bulan september. Yg ada usia Ketik dia masuk sd antara 6 tahun kurang dua bulan. Dgn 7 tahun kurang dua bulan? Sebaiknya yg mana? Padahal dia sdh 2 tahun di paud dan 2 tahun di tk. Klu dipaksa 3 tahun di paud atau 3 tahun di tk dia sdh bosan sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu seperti anak saya tp saya menunggu hingga usia 6.10 bl.saya merasa diusia itu anak lebih matang dan sudah bsa membawa dan menguasai dirinya

      Hapus
  4. Gmn dgn lahir d bulan mei?apakah bs dgn umur 6,2 thn msk sf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari membaca artikel diatas, sebaiknya masuk SD usia 7 thn, jadi ditunda setahun dulu, ketika sudah 7thn 2 bulan sudah pas masuk SD

      Hapus
  5. terimaksih infonya sangat baik dan bermanfaat, dapat saya terapkan pada anak saya

    BalasHapus
  6. Trimksh..ya...sy jdi paham..ank sy lhir di bln agustus..2011..sdngkn skrng ud di paud 2thn..umurny.5.6bln.gpp kn smpe ...3thn...itung itung les..nnti aj msuk sd .klo ud.6.9bln..mudh2ab bsa masuk..

    BalasHapus
  7. Permendikbud no 17 th 2017 tentang PPDB :
    1. usia masuk sd 7th wajib diterima
    2. Usia paling rendah 6 th bisa diterima dg catatan ada srt rekomendasi dari psikolog progesional
    3 apabila psikolog ga ada bs atas pertimbangan dewan guru.

    Itu lah permendikbud yg baru.
    Tapi beda lagi dg aturan di aplikasi dapodikdas yg wajib usia 7 th saat masuk SD.
    Aneh bukan...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sedang galau.. untuk memasukkan SD anak saya di bulan juli nanti baru 6.4tahun. Saya melihat anak masih suka bermain2.
      Sementara jika saya masukkan SD tahun 2019 umur anak 7.4 bulan apakah tidak terlalu tua untu anak usia segitu masuk SD saya juga ga mau di minder diantar teman2 yg masih kecil sudab SD

      Hapus
    2. Sama seperti saya bun. Galau banget anak saya juli nanti usia 6,6 bln, sebaiknya masuk SD tahun ini atau tahun depan, udah bsa baca dan dikte sedikit2, mohon sarannya

      Hapus
    3. Senasib...anak sy juli nanti 6 tahun 4 bulan..sampe skr masih galau daftar sd atau gak padahal pendaftara udah di bukaa 😑

      Hapus
    4. Saya merasakan hal yang sama, anak sy bulan juli nanti 6 thn 7 bulan. Sy ikutkan anak tes kesiapan sekolah di sebuah Biro Psikologi, hasilnya aspek kognitif, kemandirian, imtaq semuanya baik dgn IQ diatas rata-rata. Yang kurang aspek sosial emosional, sy bs maklumi, anak sy anak komplek yg sekitarnya jarang anak kecil. Rekomendasi psikolog sebenarnya sudah bisa masuk sekolah.
      Saya tanya anak, mau tk B lagi (dgn catatan cari TK lain yg kegiatannya byk menunjang aspek sosial emosional) atau mau SD, dia pilih ingin bermain di TK. Karena TKnya saat ini seiap hari calistung bahkan memberikan PR calistung di rumah T_T
      Sy pikir ini saatnya sy harus mendengarkan pendapat anak saya.

      Hapus
    5. Setuju bun kita sebagai orangtuan tidak seharusnya memaksakan keinginan kita kepada anak akan jauh lebih baik kalau kita mendengarkan pendapat anak karena bagaimanapun juga yg melakukan kan anak bukan kita, sy juga gitu anak sy 6,2bulan sdh lulus tk dan sdh sy daftarkan di sd tp baru 2 minggu di sd dia mogok, malas belajar trus aku tanya dari hati ke hati katanya dia masih mau bermain msh mau tk lagi, ya sudah akhirnya sy msukkan tk lagi biar kemampuannya lebih berkembang dan anak sy merasa lebih nyaman

      Hapus
  8. Anak saya akhir bulan mei tepatnya tgl 2 Mei 2010,usia masuk sekolah 6 thn 2 bln sdh saya masukan SD tidak ada gambaran anak saya bisa engaknya mengikuti pelajaran di dalam kelas dengan pegangan bahwa saat itu sdh 2 thn di TK,dengan bermodalkan ijasah akhirnya masuk SD puji Tuhan dari semester awal samapai akhir kenaikan kelas bisa Rangking 3 dg rata2 yang memuaskan 91,pertanyaan saya apakah dengan memaksakan anak ke SD lebih awal memperngaruhi nalar anak saat kejenjang yg lebih tinggi,karena sejauh ini anak saya sealau minta les tambahan,padahal sdh Les 2 pelajaran masih minta les lainnya.saya hanya katakan cukup 2 saja nanti takut kecapean saja.
    Melihat dari prilaku anak saya yang 1 tama anak saya yang no.2 malah ngikut minta di masukan SD setempatnya padahal usianya 5 thn 8 bln saya konsultasikan me guru TK anak saya gimana mengenai perkembangannya saya jelaskan anak saya mau minta Masuk SD mengingat saat ini anak saya yang No 2 duduk di bangku TK A seharusnya lanjut di TK B tapi karena ada gambaran mengenai kemampuan anak saya selama 1 thn di TK akhirnya saya mendaftarkan anak saya ke SD dengan usia 5 thn 8 bln pertanyaan saya gimana sebaiknya saya?mohon penjelasannya karena untuk yang anak no.2 dari segi ke fokusan masih kurang tapi anaknya maksa minta Masuk SD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya, perkembangan kognitif anak ibu bagus karena mampu mendatangkan prestasi di kelas nya. Namun yg menjadi topic pembahasan adalah ada 3 kemampuan yg harus kita lihat, selanjutnya kognitif ada afektif Atau siap dan psikomotorik Atau keterampilan si anak. Apakah utk ke tiga Aspen itu anak sdh siap? Apa baru kemampuan kognitif saja?

      Hapus
  9. masukan yang sangat berarti sekali mas yuswadiwijaya. saya sedang mengalami hal yg kurang baik akhir2 ini. kesalahan mungkin ada pada kami yg bertekad ingin menyekolahkan anak kami padahal usianya belum 6th. persoalannya biasa bagi kebanyakan orang namun cukup ruwet dan berarti bagi saya. anak kedua saya dihari pertama sekolah tidak ada permasalahan (selama -+ 1 jam). dia berani sendiri didalam kelas, namun setelah kejadian salah seorang teman kelasnya menangis sambil berontak disalam kelas karna ditinggal ibunya. sontak sejak itu dia nyaris ga mau ditinggal. dan dihari kedua samapi sekarang lebih dari dua minggu sayapun ikut belajar didalam kelas, dengan beragam bujukan dan nasehat sdh di lakukan tetapi belum mempan. saya jadi bingung bagaimana harus mengatasinya. kirani masya ada masukan dari mas yuswadiwijaya. terimaksih

    BalasHapus
  10. Klo anak saya lahir bulan maret bunda.... Saya jg bingung milih yg 6,4/7,4 ya bunda??? Masuk sd nya trims

    BalasHapus
  11. sangat bermanfaat. tks sharingnya

    BalasHapus
  12. Kalo anak saya Juni ini 6 th,kata psikolog sudah bisa mengikuti kalo ke SD sekarang,anak pingin ke SD karena teman TK pada ke SD,apa sebaiknya tahun depan atau sekarang?

    BalasHapus
  13. Sma kyk anak saya jg umur 6thun bln mei,tp saya gak masukin SD...
    Biarin dia mntaly berkmbang krna dia msih suka menmpuh pendidikan TK sekrng naek ke klas B,sya tdk memaksakn msuk ke skolah dasar karena motorik ank diperkmbangan usia sngtlah berbeda" kadang susah blajary seiring ptjlany wktu semoga ad perkmbanganny thun depan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dng anak saya Bun bulai Mei 6 tahun awalnya saya galau berat mau masuk SD usia 6 tahun atau 7 tahun karena banyak ibu2 yg bilang ketuaan dll tapi akhirnya saya memantapkan hati usia 7 tahun aja saya masukin SD nya
      Biar dia lbh siap

      Hapus
    2. mama.. saya jg lagi galau ini... kmd anaknya mama TK B lagi kah? atau libur sekolah setahun dulu...

      Hapus
  14. Terima kasih atas infonya... Sangat membantu saya yang sedang kebingungan apa harus mengikuti ajakan ortu teman temannya atau menunggu saat tepat anak kita sekolah.. terima kasih sekali lagi.. paragraf terakhir sangat menyadarkan saya betapa pentingnya kita memilih kapan tepatnya anak kita memulai sekolah.. bukan kualitas TK dan kualitas SD yg memegang keberhasilan anak kita..to keputusan kita sebagai orang tua dalam mengarahkan anak anak.

    BalasHapus
  15. Thanks atas sharingnya, saya juga lagi galau soal anak sya di bulan agustus 2018 ini usianya 5 tahun, berarti tahun ajaran baru nnti umurnya 6 tahun kurang 2 bulan,, Menurut mas n ayah bunda sekalian apakah tahun dpan hrus d msukkan SD saja atau nunggu umurnya 7 kurang 2 blan nanti? Kira2 bisa gaa anak yg umurnya 6 tahun kurang 2 blan mengikuti plajaran di SD? Tapi klo nunggu umurnya jalanan 7 tahun apakah gaa ketuaan ya lulus perguruan tingginya nanti? N anak jg sring komplain cz tmen2 TKnya yg seumuran dia tahun dpan sdah pada SD n dia skrang msih d TK A karena setahun Play Group n tmennya yg lain sdah di TK B? Terimakasih.

    BalasHapus
  16. Anak saya yg pertama lahir bln maret masuk sd swasta yg plgnya sore diusia 6,4thn kasihan juga tapi mau saya tk kan 3 thn dia bilang bosan minta msk SD,selama SD tak ada kendala yg berarti dlm arti lancar lancar saja ada prestasi yg pernah diraihnya meski bkn di bidang mata pelajaran melainkan dibidang seni&olah raga sekarang alhamdulillah dia sdh lulus dan meneruskan skolah diponpes modern mmg sdh jadi pilihan dia bkn krn paksaan ortu, sdgkn anak saya yg nomer 2 msk SD diusia 7,1thn krn lahir bln juni mungkin krn usia dia yg lebih matang ketika msk SD dari pd kakaknya dia pernah meraih prestasi dibidang mata pelajaran terutama matematika... demikian sedikit pengalaman dari saya mungkin bisa dijadikan masukan, walau bagaimana menurut saya kesiapan mental anak itu yg lebih penting.. terima kasih..

    BalasHapus
  17. Sya jga galau bun anak saya SD 6,3 atau 7,3

    BalasHapus
  18. Menurut saya sebaiknya 7,3 Krn lebih matang lebih baik

    BalasHapus
  19. Saya jga lgi galau bund... ank sya lhir bln mei..thun dpn klau msk TK nti SD ny umur.6.2..klu thun depan 7.2.. tp ank udh mnta skolah TK krna tdk sya paud kan..dan teman sepantaran nya yg lhir bln maret ktya nggu umur 7th lbh aja. Tp mmg sbaikya umur 7 lbh..jd bgung

    BalasHapus
  20. Anak saya 5 mei 2019 usia 6 thn tpi dlm membaca msh blom lancar trus dri segi kemandirian dia msh manja...saya msh bingung klau juli 2019 dia msk sd...

    BalasHapus
  21. Anak sy kelahiran Agustus 2013,sy jg galau skrg Juli nanti isi 5.11 bln masuk SD apa tidak.krn sdh TK 2 th.tp setelah membaca ini sy makin mantap biar thn Dpn sj.di 6,11 bln..paudnya nanti selesai sdh 2 th.biar anaknya nganggur dl 1 th.les2 aja baca tulis j 3 x seminggu.sambil msh bisa bermain tnp sibuk pr..msh manja juga..

    BalasHapus
  22. *Umur berapakah anak diperbolehkan untuk mendaftar ke Sekolah Dasar ?*

    Sebagai bahan pertimbangan :

    Berikut batas usia yang ditetapkan Kemendikbud :

    Taman Kanak-Kanak (TK)

    Persyaratan calon peserta didik baru pada TK atau bentuk lain yang sederajat adalah:
    berusia 4 (empat) tahun sampai dengan 5 (lima) tahun untuk kelompok A; dan
    berusia 5 (lima) tahun untuk kelompok B.

    *Sekolah Dasar (SD)*

    (1) Persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD atau bentuk lain yang sederajat, berusia:
    a. 7 (tujuh) tahun; atau
    *b. paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.*
    (2) Sekolah wajib menerima peserta didik yang berusia 7 (tujuh) tahun.
    (3) Pengecualian syarat usia paling rendah 6 (enam) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b *yaitu paling rendah 5 (lima) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki kecerdasan istimewa/bakat istimewa dan kesiapan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.

    Kesimpulannya, usia masuk SD minimal enam tahun, tidak seperti tahun sebelumnya yang harus tujuh tahun. Perubahan aturan tersebut seiring Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 tentang Aturan untuk Masuk Sekolah Dasar.

    Namun itu, di Ruhul Jadid kami sangat mempertimbangkan kematangan dan kesiapan masuk sekolah calon peserta didik baru sesuai dgn tahap perkembangan.

    BalasHapus
  23. Saya juga lagi galau,rencananya TK langsung TK b,(6.3 Thun) SD nya(7.3)

    BalasHapus
  24. Bagusnya anak saya masuk sd usia 6.5 atau 7.5 anak saya skrg umur 5thn rncanaya bln 7ini mau dimasukin tk B Tp kta gru tk nya ga bisa soalnya klo dia hbs tk b blom bsa msuk sd krna umurnya blm 7thn.mohon pencwrahannya don pak

    BalasHapus
  25. Sama dgn saya juga lagi galau. Nanti masuk SD umur 6,4 atau 7,4 THN. Mohon pencerahannya. Trmksh

    BalasHapus
  26. Mohon sharing ya Bu,usia ank saya besok keluar TK B adalah 6th,niat saya mau saya TK kan lagi,jadi 3thn diTK kn pas keluar usia 7thn masuk SD,tapi anak saya tidak mau karena temannya lulus semua,tapi disisi lain saya kayak ragu mau masukin SD, soalnya takut kemampuan nya belum mumpuni,tapi disisi lain jika saya tidak masukan ank KeSD,apakah akan menganggu tumbuh kembang ank saya ..terima kasih

    BalasHapus
  27. Skr anak saya 4taun (feb lalu), niatnya memang anak SD d usia 7thn 4bln, dgn kata lain TK A d usia 5thn 4bln, TK B usia 6thn 4bln.. artinya msh 1taun lg dy free..
    Bingung memang karna sbagian besar tman2nya akan mnempuh jenjang TK A taun ini.. tp melihat comment2 para ibu d atas, jd mulai yakin akan memulainya d usia 5thn saja, biar nanti pas saat masuk SD.. skalian menyiapkan mentalnya utk menghadapi runitinas nanti..
    Sjauh ini hanya ikut pngajian dilingkungan rumah slama 2jam, min dy bisa bersosialisasi dgn lingkungannya dlu slain kluarga d rmh..

    BalasHapus
  28. Saya merasakan hal yang sama, anak sy bulan juli nanti 6 thn 7 bulan. Sy ikutkan anak tes kesiapan sekolah di sebuah Biro Psikologi, hasilnya aspek kognitif, kemandirian, imtaq semuanya baik dgn IQ diatas rata-rata. Yang kurang aspek sosial emosional, sy bs maklumi, anak sy anak komplek yg sekitarnya jarang anak kecil. Rekomendasi psikolog sebenarnya sudah bisa masuk sekolah.
    Saya tanya anak, mau tk B lagi (dgn catatan cari TK lain yg kegiatannya byk menunjang aspek sosial emosional) atau mau SD, dia pilih ingin bermain di TK. Karena TKnya saat ini seiap hari calistung bahkan memberikan PR calistung di rumah T_T
    Sy pikir ini saatnya sy harus mendengarkan pendapat anak saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama anakq mau msk sd tahun ini di usia 7,7.Bagaimana anak bunda gak minder kan dengan teman2nya yg masih kecil2.

      Hapus
  29. Anak saya mei tahun ini 5 tahun. Belum saya masukkan tk krn mau saya masukkan tkb ketika umur 6tahun jd tahunndpn dia msuk sd 7 tahun 2 bulan. Dia sudah pintar baca menulis dan berhitung. Salah kah saya untuk memasukkan tk b ketika umur 6 tahun??

    BalasHapus
  30. Tadinya saya galau, krn sy pikir anak sy yg lhr d bulan maret nanggung untuk masuk sekolah, tp skrg jd yakin untuk masukin ke SD nunggu setahun lg. Sy hanya berharap supaya anak sy nanti belajarnya tdk trlalu terbebani, dan bs belajar dg enjoy,,,

    BalasHapus